Tugas 2 Perancangan Perangkat Lunak (A)

Nama : Tsaqif Deniar B.

NRP : 5025211151

Kelas : PPL (A)

Tugas 2

Perancangan Berbasis Obyek

Perancangan perangkat lunak berbasis objek adalah pendekatan yang memodelkan sistem dengan mengidentifikasi dan menggambarkan objek yang ada dalam dunia nyata. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk mempermudah pengembangan, pemeliharaan, dan skalabilitas sistem.

Sistem Informasi Manajemen: Sistem ini membantu dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan data yang telah diolah menjadi informasi yang berguna.

Object-Oriented Analysis (OOA): OOA memodelkan sistem dengan mengidentifikasi objek, yaitu entitas yang mewakili orang, tempat, kejadian, atau transaksi. Pendekatan ini memberikan beberapa keuntungan:

  • Realistic Modeling: Pemodelan yang lebih realistis karena didasarkan pada objek-objek yang ada di dunia nyata.

  • Flexibility for Change: Sistem yang mudah disesuaikan dengan perubahan karena hanya objek yang terkait yang perlu diubah.

  • Reusability: Kode yang dapat digunakan kembali untuk proyek lain yang memiliki objek serupa.

Unified Modelling Language (UML): UML adalah teknik populer untuk mendokumentasikan dan memodelkan sistem. Beberapa diagram UML yang sering digunakan adalah:

  • Use Case Diagram: Menggambarkan interaksi antara pengguna dengan sistem.

  • Sequence Diagram: Menunjukkan interaksi antara objek dalam satuan waktu.

  • Class Diagram: Menunjukkan hubungan antara kelas-kelas objek serta atribut dan metode yang dimiliki.

Metodologi Perancangan

Perancangan ini melibatkan beberapa tahapan:

  1. Survey Sistem Perawatan: Melakukan wawancara dan diskusi untuk mencari kebutuhan pengguna sistem.

  2. Pengumpulan Data: Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem.

  3. Analisis Sistem Perawatan: Mempelajari kekurangan sistem yang ada untuk merancang sistem yang lebih baik.

  4. Pemodelan Sistem dengan OOA dan UML: Membuat use case diagram, class diagram, dan sequence diagram.

  5. Implementasi Sistem: Mengembangkan sistem berdasarkan hasil pemodelan menggunakan bahasa pemrograman (misalnya C#) dan database (misalnya SQL).

Sistem yang dirancang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen perawatan mesin dengan fitur-fitur seperti:

  • Informasi mengenai karyawan maintenance, mesin, dan komponennya.

  • Dokumentasi data kerusakan mesin secara lengkap.

  • Pembuatan jadwal perawatan.

  • Monitoring stok komponen di gudang.

Use Case Diagram: Mengidentifikasi aktor dan fungsi yang ada dalam sistem. Misalnya, aktor bisa berupa kepala teknisi, shift leader, dan bagian gudang.

Sequence Diagram: Menggambarkan interaksi antar objek saat menjalankan use case. Misalnya, diagram untuk proses login dan pembuatan work order.

Class Diagram: Menunjukkan hubungan antar kelas dan atribut serta metode yang dimiliki. Diagram ini membantu dalam memahami struktur sistem dan relasi antar komponen.

Tampilan Aplikasi

Kesimpulan

Perancangan perangkat lunak berbasis objek dengan menggunakan OOA dan UML membantu dalam menciptakan sistem yang lebih terstruktur, mudah dikembangkan, dan dikelola. Pendekatan ini juga memungkinkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan dan meningkatkan penggunaan kembali kode.


Sumber : 

https://kuliahppl.blogspot.com/2024/03/perancangan-berbasis-obyek.html

aadianto,+07JITI63+15+TI+27+Wilson+Kosasih+UNTAR+Jakarta.pdf


Comments

Popular posts from this blog

Pemrograman Perangkat Bergerak (D) - Pertemuan 5

Pemrograman Perangkat Bergerak (D) - Pertemuan 2

Evaluasi Tengah Semester PPB (D) - Tsaqif Deniar